Perawatan Tledekan Laut

Burung Tledekan Laut

Burung Tledekan Laut

Perawatan Tledekan Laut

Burung Tledekan Laut memang sudah banyak penggemarnya. Yang membuat burung ini digemari adalah kicauannya yang merdu, selain itu bulu dan warnanya juga indah dan lucu. Nama latin burung ini adalah Cyanoptila cyanomelana, dan masih salah satu burung anggota keluarga Muscicapidae.

Karena kicauan burung ini mirip seruling, makan tidak salah jika Burung Tledekan Laut ini sering juga disebut Burung Sulingan Laut. Suaranya yang mirip seruling sangat merdu, namun seperti monoton. Volumenya kurang keras jika dibandingkan dengan Burung Tledekan Gunung.

Burung Tledekan Laut lebih senang berpindah – pindah di habitat aslinya. Burung ini banyak dijumpai di Jepang, Korea, serta sebagian wilayah China dan Rusia. Namun jika daerah ini mulai dingin Burung Tledekan Laut lebih senang pindah ke Vietnam, Kamboja, Thailand dan Indonesia (khususnya Sumatera dan Kalimantan).

Perawatan harian

Para pengemar sangat senang akan suaranya yang merdu, bisa membuat tentram di rumah. Makanya agar cepat rajin bunyi, burung tledekan laut ini harus selalu diembunkan sambil diberi kroto setengah sendaok teh setiap paginya. Selain itu perlu diberikan extra fooding seperti ulat hongkong dan jangkrik 2 – 3 ekor setiap pagi dan hari.

Meskipun Burung Tledekan Laut ini sudah lama dhipelihara di dalam sangkar, namun hal ini belum tentu beradaptasi dengan lingkungan tropis. Untuk menjaga kondisi selalu fit perlu diberikan tambahan vitamin dari luar pakan dan extra fooding. Missal seperti dengan rutin memberikan BirdVit 2 – 3 kali dalam seminggu. Agar burung Tledekan Laut tidak mudah lemas dan malas bunyi.

Burung Tledekan Laut mempunyai memori yang terbatas, dimana burung ini tidak bisa dimaster oleh burung lain. Perlu focus yang extra untuk membuat burung ini rajin berbunyi. Salah satunya dengan membuat racikan – racikan makanan khusus dan variasi makanannya.

Untuk mandi bisa disesuaikan dengan kebiasaan burung. Misalnya, jika Anda mengganti air minum hingga penuh, biasanya ia langsung mandi di cepuk minumnya. Jika demikian, sebaiknya air minum diganti lagi dengan yang bersih.

Perbedaan jenis kelamin

Cukup mudah untuk membedaknnya jenis kelaminnya, dengan cara melihat bentuk dan warna burung. Burung jantan memiliki warna mencolok seperti biru, hitam, dan putih.

Perkembangbiakan tledekan laut

Burung betina biasanya bertelur sebanyak 4-6 butir, warna telurnya cokelat pucat dan sedikit gelap. Setelah bertelur induknya akan mengerami telurnya sampai 14 hari. Burung tledekan laut berkembang biak pada bulan Mei sampai Agustus. Sepasang burung ini akan membuat sarang yang bentuknya seperti cangkir, dibuat dari lumut, serta tumbuhan dan bahan lainnya. Biasanya dibuat di celah – celah batu, antara akar pepohonan atau pada tebing pinggiran sungai.

Penangkaran Burung Tledekan Laut

Teknis penangkarannya tidak jauh berbeda dari breeding tledekan gunung. Yang berbeda, tledekan laut membutuhkan perhatian yang lebih menyangkut aklimatisasinya terhadap lingkungan tropis. Sebab musim panas di kawasan Siberia jelas berbeda dari musim kemarau dan hujan di negeri kita. Penggunaan BirdMature bisa menekan potensi stres pada induk jantan dan betina tledekan laut. Selain berfungsi meningkatkan produktivitas indukan, kandungan multivitamin dan multimineral pada BirdMature juga membantu menekan potensi stres.

cara merawat burung sulingan laut, perawatan sulingan laut, makanan burung tledekan laut, download suara tledekan gunung gacor, Tledekan jati, cara cepat menumbuhkan ekor tledekan, cara merawat tledekan laut biar gacor, cara perawatan burung sulingan laut, perawatan tledekan laut, suara burung tledekan laut, agar tledean laut mau rajin bunyi, Video tledekan laut, cara merawat sulingan laut, cara gacor burung langalongo laut, perawatan tledekan laut gacor, postingan b, suara tledekan gunung, suara tledekan gunung gacor, suara tledekan laut, cara cepat menumbuhkan ekor tledeka, tledekan jati gacor, tledekan laut isian gacor, perawatan sulingan laut cepat gacor, cara merontokkan bulu sulingan, pakan tledekan laut

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie