Posisi Tidur Yang Nyaman Pada Ibu Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil

Posisi Tidur Yang Nyaman Pada Ibu Hamil

Setidaknya kita tidur 8 jam dalam sehari, hal ini penting untuk menjaga kondisi fisik terlebih lagi bagi ibu hamil. Tetapi pada kehamilan menginjak pertengahan trimester kedua, hal ini bisa saja sangat merepotkan. Banyak ibu hamil serba salah ketika tidur karena perut yang membesar.

Posisi yang paling pas bagi ibu hamil adalah menyamping kekiri. Caranya dengan manyamping dan lututnya ditekuk. Agar lebih nyaman lagi bisa meletakkan bantal diantara kaki, bawah punggung dan bawah perut. Hati terletak di bagian kanan perut, sehingga tidur menyamping akan membuat janin terhindar dari tekanan organ yang besar itu. Posisi ini bisa juga mengoptimalkan aliran darah ke plasenta dan janin. Posisi ini yang direkomendasikan dokter ketika perut mulai membesar.

Apabila bersandar, tinggikan bantal kemudian tidurlah dengan bersandar. Lutut akan lebih nyaman lagi jika ditaruh beberapa bantal dibawahnya. Namun jangan menaruh bantal terlalu banyak nanti malah menggangu tidur Anda.

Untuk Menyiasati Gangguan

Ibu hamil terkadang mengalami kondisi tertentu, berikut tips bagi ibu hamil

Sakit pinggang.

Apabila ibu hamil sering terserang sakit pinggang, cara ini bisa dicoba. Telentanglah (kepala diletakkan di atas tumpukan bantal), lalu sangga lutut dengan beberapa bantal.

Pegal pada kaki.

Telentanglah, dengan kepala dan pantat ditopang bantal. Sandarkan kedua kaki  (kaki diluruskan) pada dinding, lalu renggangkan kaki sejauh mungkin dan istirahatkan. Jaga agar telapak kaki tetap mendatar.

Pada trimester 3

Pada usia ini perut membesar, maka telentang akan membuat tubuh bayi menekan pembuluh darah besar pada bagian belakang tubuh Anda. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah menurun, dan inilah alasan kenapa Anda menjadi lebih sering pusing. Jadi, telentanglah seperlunya saja (jangan terlalu sering).

Demikian tips Posisi Tidur Yang Nyaman Pada Ibu Hamil. Semoga bermanfaat.

 

suara burung yang bisa ditiru kolibri

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie