Resiko Anemia pada Ibu Hamil

Anemia pada Ibu Hamil

Anemia pada Ibu Hamil

Resiko Anemia pada Ibu Hamil

Anemia bisa saja terjadi pada siapa saja. Tidak terkecuali pada ibu hamil. Apabila ibu hamil mengalami ini, dikarenakan tubuh kekurangan oksigen. Disebabkan darah tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Selama masa kehamilan, ibu hamil memproduksi lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan bayi dalam perut, dan jika tidak mendapatkan cukup zat besi atau zat gisi lainnya, tubuh tidak mampu untuk menghasilkan jumlah sel darah merah yang dibutuhkan untuk membuat tambahan darah.

Ibu hamil yang terkena anemia adalah hal yang normal, tapi bisa menjadi berbahaya jika di akibatkan oleh kekurangan zat besi dan vitamin atau karena berbagai alasan lainnya.

Anemia bisa membuat lelah dan kesehatan menurun, jika kita tidak segera mengoobati dapat meningkatkan resiko serius seperti kelahiran prematur. Untuk menghindarinya, kita perlu mengetahui penyebab anemia pada ibu hamil, gejala, dan pengobatan selama kehamilan.

Jenis-jenis Penyakit Anemia Pada Kehamilan

Anemia defisiensi besi

Jenis ini dapat terjadi ketika tubuh tidak memiliki zat besi yang cukup untuk menghasilkan hemoglobin (protein dalam sel darah merah) dalam jumlah yang secukupnya. Dalam anemia jenis ini, darah tidak dapat membawa oksigen yang cukup untuk jaringan seluruh tubuh. Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari anemia pada kehamilan.

Anemia defisiensi folat

Hal ini adalah jenis vitamin B. Tubuh membutuhkan zat ini untuk menghasilkan sel-sel baru, termasuk sel darah merah yang sehat. Selama kehamilan, wanita membutuhkan folat tambahan. Tapi kadang-kadang mereka tidak mendapatkan cukup karena diet mereka. Ketika itu terjadi, tubuh tidak dapat membuat sel-sel darah merah yang cukup dan normal untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kekurangan folat bisa langsung berkontribusi terhadap beberapa jenis cacat lahir.

Anemia kekurangan vitamin B12

Tubuh membutuhkan vitamin ini untuk membentuk sel darah merah yang sehat. Ketika seorang wanita hamil tidak mendapatkan cukup vitamin B12 dari makanan, tubuhnya tidak dapat memproduksi cukup sel darah merah yang sehat. Wanita yang tidak makan daging, unggas, produk susu, dan telur memiliki risiko lebih besar terkena kekurangan vitamin B12, yang dapat berkontribusi untuk cacat lahir.

Faktor Penyebab Anemia Pada Ibu Hamil:

  • Hamil dengan lebih dari satu anak
  • Dua kehamilan berdekatan
  • Remaja yang hamil
  • Tidak cukup makan-makanan yang kaya dengan zat besi
  • Sudah menunjukan gejala-gejala anemia sebelum proses kehamilan

Gejala Umum Anemia:

  • Merasa lelah atau lemah
  • Pusing
  • Sesak nafas
  • Detak jantung yang cepat
  • Kesulitan berkonsentrasi

Pada tahap awal anemia, tidak akan menunjukan gejala-gejala penyakit ini. Banyak gejala yang muncul adalah gejala yang juga ada pada saat masa-masa kehamilan bahkan jika ibu hamil tidak mengidap anemia. Jadi pastikan untuk mendapatkan tes rutin untuk mengetahui anemia pada ibu hamil.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie