Tips Agar Anak Menjadi Pintar dan Cerdas

Anak Cerdas

Anak Cerdas

Tips Agar Anak Menjadi Pintar dan Cerdas

Setiap orangtua berharap agar anak mereka dapat menjadi cerdas agar dapat berguna di saat dewasa kelak. Hingga saat ini, para orangtua hanya berfokus agar sang anak mendapatkan pendidikan layak, bahkan lebih. Namun, tahukah Anda bahwa pendidikan layak tidak cukup untuk membuat seorang anak cerdas? Berdasarkan informasi yang dikutip dari berbagai sumber, ada beberapa cara untuk membuat seorang anak cerdas sejak dini. Berikut pemaparannya;

Gizi yang Baik Saat Hamil

Jika saat ini anda masih mengandung, maka anda berpeluang lebih besar untuk memiliki anak yang cerdas.Anda bisa merawat kehamilan anda dengan baik, yaitu memperoleh gizi yang cukup untuk perkembangan janin.Banyak sekali zat yang penting untuk meningkatkan perkembangan otak janin kelak, sehingga nanti menjadi anak yang memiliki IQ tinggi.Misalnya mendapat asupan cukup lemak tak jenuh omega 3, yang dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak.Baca: Makanan yang baik untuk ibu hamil

Berikan ASI Eksklusif 1-9 Bulan.

Agar anak anda mendapat kesempatan memiliki kecerdasan yang lebih lebar, berikan bayi anda ASI eksklusif selama 9 bulan.Sebuah studi yang pernah dilakukan di Denmark mengungkap jika bayi yang diberi ASI selama 9 bulan lebih cerdas daripada bayi yang hanya mendapatkan ASI satu bulan atau kurang.

Cukupi Gizi Anak

Usia anak 1-2 tahun adalah kesempatan para orang tua untuk meningkatkan kecerdasan otaknya.Berikan ia makanan yang kaya gizi sekaligus baik untuk meningkatkan kecerdasan, misalnya ikan yang kaya dengan omega 3.Beberapa studi membuktikan bahwa anak-anak yang gemar menyantap ikan seperti, tuna, salmon, dan cod, memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam ujian.Biasakan anak sejak dini untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah buahan.Hindari makanan cepat saji (junkfood), junkfood sangat tidak bagus buat kecerdasan anak.Selain itu, memberikan junfood akan membuat anak malas mengkonsumsi makanan sehat nantinya.

Kenalkan Anak Dengan Musik

Pelajaran disekolah umumnya hanya melatih otak kiri saja.Agar seimbang, anak juga perlu dilatih kemampuan otak kanannya.memperkenalkan Musik adalah sesuatu langkah yang tepat untuk melatih otak kanan anak.Hal ini seperti yang diungkapkan oleh University of Toronto, bahwa anak-anak yang bermain musik memiliki kemajuan yang pesat dalam IQ dan kemampuan akademik saat mereka menginjak usia remaja.

Kenalkan Anak dengan Olahraga

Olah raga dapat meningkatkan metabolisme tubuh manusia, dimana aliran darah yang membawa oksigen ke otak juga akan meningkat.Karena hal itu, berolahraga dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak saat mengerjakan soal-soal ujian.Tim peneliti dari University of Illinois membuktikan bahwa ada hubungan yang kuat antara kebugaran fisik dengan prestasi akademik anak-anak. Secara umum aktivitas fisik saat berolahraga berkaitan erat dengan prestasi belajar anak-anak.

Biasakan Anak Sarapan

Sarapan adalah masalah pembiasaan pada anak yang kerap kali dianggap kecil para orang tua.Sarapan akan membuat memori anak mreningkat dan lebih konsentrasi saat belajar. Anak-anak yang tidak terbiasa sarapan akan cepat lelah dan sulit berkonsentrasi terhadap pelajaran yang diterimanya. Hal ini berkaitan dengan jumlah asupan gizi, jika tak mendapatkan gizi cukup dipagi hari, maka pada siang hari kemampuan otaknya akan menurun.

Budayakan Membaca pada Anak

Membaca merupakan cara tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan perkembangan kognitif anak-anak. Seperti yang dikatakan oleh Paul C. Burns, Betty D. Roe & Elinor P. Ross, seorang pakar pendidikan anak dari Amerika Serikat, bahwa ada delapan aspek yang bekerja saat anak-anak terbiasa membaca, yaitu aspek sensori, persepsi, sekuensial (tata urutan kerja), pengalaman, berpikir, belajar, asosiasi, dan afeksi, di mana semua aspek tersebut merupakan faktor penting dalam meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak anak.

Itulah beberapa rahasia agar anak menjadi cerdas dan pintar.Anda tak harus sudah memulainya sejak anak didalam kandungan, jika anak anda saat ini baru lahir, sudah TK ataupun sudah SD, peluang tersebut masih terbuka.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie