Tips Memakai Kawat Gigi dan Perawatannya

Behel Gigi

Behel Gigi

Tips Memakai Kawat Gigi dan Perawatannya

Penggunaan Kawat Gigi atau Behel gigi kini bukan hanya sekedar untuk meratakan gigi, namun kini kawat gigi sudah menjadi tren di kalangan kaum muda. Fungsi yang berubah ini malah dikhawatirkan membawa petakan atau penyakit pada si pemakainya. Karena penggunaan kawat gigi yang tidak diimbangi dengan perawatan malah akan membuat petaka bagi si pemakainya. Maka dari itu menggunakan kawat gigi memerlukan perawatan yang khusus.

Ada beberapa poin penting yang perlu juga diperhatikan sebelum memakai Kawat Gigi

  • Karena Kebutuhan

Ini sangat penting bila Anda ingin memakai behel pastikan bahwa gigi Anda memang rusak. Jangan hanya karena ingin ikut tren atau gaya Anda ikut-ikutan memakainya karena memakai behel tidak semudah kelihatannya. Orang yang boleh mengenakannya adalah mereka yang memiliki gigi yang letaknya tidak pada tempatnya, bertumpuk dan berjejal-jejal sehingga kekurangan tempat, tumbuh terlalu jarang sehingga ada celah di antara gigi-gigi, atau letaknya terlalu maju atau mundur. Karena fungsi behel adalah merapikan gigi.

  • Dokter Khusus

Hanya dokter gigi tertentu yang bisa memasangkan behel yakni dokter spesialis orthodonti. Jadi jangan sembarangan pergi ke dokter gigi, pastikan dia merupakan ahlinya.

  • Jenis Behel/Kawat Gigi

Ada berbagai jenis behel ada yang terbuat dari metal, clear/transparan yang berwarna seperti warna gigi. Untuk clear, bahannya bisa terbuat dari composite, porselin, atau plastik. Atau ada juga behel dengan penahan karet/karet pengikat bracket (kotak yang ditempel di gigi) ini paling disukai oleh kaula muda karena bantalan karetnya bisa berwarna-warni.

  • Tahapan Pemakaian

Sebelum mengenakan behel ada beberapa tahapan yang mesti dilakukan yakni, membuat cetakan model gigi, memotret gigi, merontgen gigi, kepala, serta wajah pasien secara keseluruhan. Ini semua agar perawatan benar-benar sempurna dan tidak asal-asalan karena biasanya ketika dipakaikan behel wajah jadi berubah. Biasanya gigi yang menumpuk-numpuk terjadi karena rahang kecil, jadi giginya harus dikurangi beberapa.

  • Efek Behel

Setidaknya ada beberapa efek yang ditimbulkan bila mengenakan behel yakni, rasa sakit ketika pertama kali menggunakan behel. Lubang gigi dan karang gigi akan cepat terjadi karena tidak menyikat menyikat gigi dan menjaga kebersihan mulut. Belum lagi efek pada jariangan lunak, terutama pada gusi bibir dan pipi lebih mudah timbul radang gusi dan sariawan.

  • Wajib Dilakukan

Ada beberapa hal yang wajib dilakukan bila Anda menggunakan behel yakni, rajin membersihkan gigi setiap makan, selalu sediakan tusuk gigi. Serta jangan lupa untuk membawa sikat gigi untuk bersihkan sisa-sisa makanan yang nempel di bracket. Gunakan sikat gigi khusus untuk perawatan orthodonti atau sikat gigi anak-anak, yang bulu sikatnya lembut agar tidak merusak bracket. Kontrol gigi sesuai jadwal yang ditentukan dokter. Iris kecil-kecil semua makanan yang masuk dan kunyah secara perlahan-lahan. Bila memakai karet elastik atau head gear, pasang sesuai dengan petunjuk dokter gigi.

Perawatan Gigi bagi yang pakai behel itu perlu cara khusus, begitupun dengan cara sikat gigi bagi yang pakai behel. karena ada bagian lain yang tertempel pada gigi maka ada banyak celah yang harus dibersihkan. berikut cara menyikat gigi dan perawatan gigi berkawat gigi.

Cara Sikat gigi berkawat gigi / behel :

  • Sikat gigi atas sisi depan (gigi seri) dangan pasta gigi. Menggosoknya dari kanan ke kiri.
  • Lalu sikat sisi atas behel gigi depan itu, dari kanan ke kiri. Kerjakan juga dibagian bawah behel.
  • Sikat sisi sebelah dalam gigi seri (belakang gigi).
  • Sesudahnya, sikat gigi geraham samping kanan serta kiri lewat cara yang sama (dimulai dari sisi atas behel, bawah behel serta sebelah dalam gigi geraham).
  • Sikat juga sisi bawah gigi geraham sampai bersih.
  • Ulangilah semua sistem tadi, tiada mrnggunakan pasta gigi.
  • Sesudah usai dengan sisi atas sepanjang 2 menit, kerjakan hal yang sama juga dengan gigi bawah.
  • Usai menyikat gigi dengan sikat gigi umum, pakai sikat gigi spesial behel yang bulu sikatnya tidak tebal memanjang (dapat dibeli di counter body care atau apotik). Janganlah lupa sikat sisi kanan serta kiri karet behel (diantara gigi).

Perawatan gigi memakai behel atau kawat gigi :

  • Kala pertama kali dipasang, pemanfaatan kawat gigi mampu sebabkan timbulnya sariawan di mulut, dan rasa sakit yg menghimpit gigi sepanjang tiga sampai lima hari. Buat mengatasinya, larutkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, serta berkumurlan memanfaatkan cairan itu. Seandainya rasa sakit konsisten gak tertahankan, telan sebutir aspirin.
  • Sikat gigi Anda, melalui langkah genggam sikat gigi serta bikin pojok 45 derajat buat bersihkan kotoran serta plak yg ada di daerah kurang lebih kawat serta pin. Jalankan gerakan menyikat dari atas ke bawah pada tiap tiap gigi. Ambillah saat sedikit buat menegaskan seluruh plak serta kotoran udah tuntas dibuat bersih. Jalankan hal yg sama pada gigi pada bagian geraham yang lain.
  • Pakai benang gigi (dental floss) berapakali dalam satuhari, buat menjangkau celah-celah yg tdk tersentuh sikat gigi. Kesibukan ini benar-benar cukup menggunakan saat dikarenakan perlu dilaksanakan dengan cara hati-hati. Jangan sampai lupa, tanyakan terhadap doter gigi Anda cara yg benar buat melaksanakannya.
  • Berkumur dengan cairan pembersih mulut (mouth wash) buat membunuh bakteri yg bersarang pada gigi serta mulut.
  • Hindarkan adat menggigiti benda-benda keras seperti pena, pensil, atau ujung-ujung kuku, dikarenakan mampu menyebabkan kerusakan kawat gigi, serta sebabkan perawatan menggunakan saat lebih lama
  • Jauhi minuman bersoda, dikarenakan mempunyai kandungan karbon dioksida serta punya sifat asam, yg mampu sebabkan plak di kurang lebih kawat gigi. Jauhi juga makanan yg keras, lengket, atau pun kenyal seperti daging yg alot, bagel, wortel, berondong jagung, es batu, keripik, apel, karamel, dan permen karet.
  • Kunjungi dokter gigi dengan cara teratur buat laksanakan check-up, sedikitnya satu kali dalam enam bln.
kerusakan apa saja pada cvt nouvo yg berbunyi ngiung, mencegah gigi nyeri saat mrnggunakan behel, tips rahasia agar murai gacor

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie