Tips Mengendarai Motor Saat Hujan

Berkendara Saat Hujan

Berkendara Saat Hujan

Tips Mengendarai Motor Saat Hujan

Saat hujan turun dengan derasnya tentu jalan-jalan akan basah, licin, jalan yang berlubang menjadi tidak kelihatan. Keadaan seperti ini pasti akan membahayakan keselamatan pengguna kendaraan tak terkecuali pengguna sepeda motor. Berikut ada tips aman buat pengendara motor kalau lagi hujan.

  • Pengendara motor harus punya skill dan taktik untuk mengendarai motor saat hujan. Selain berhati hati, taktik juga sangat dibutuhkan ketika kondisi hujan. Misalnya kapan berpindah jalur, hingga kapan pengereman. Nyatanya skill saja tidak cukup, masih ada taktik yang menguatkan. Apalagi ketika memasuki musim hujan pertama, kotoran akan naik terkena air dan menyebabkan aspal sangat licin. Maka dari itu hati-hati juga faktor yang sangat penting diperhatikan.
  • Di musim panas terutama pada siang hari karena silaunya sinar matahari, kacafilm helm yang gelap tentu lebih nyaman. Tapi jika musim hujan, tidak senyaman jika memakai kaca film yang bening, maka gantilah kaca film dengan kaca helm yang bening. Sebaiknya gunakan helm model full face yang menutupi seluruh kepala.
  • Saat hujan turun, mengerem kadang kala bisamenjadi sangat pakem sebentar yang kemudian menjadi kurang pakem. Selain dikarenakan jalanan yang menjadi licin oleh air, bisa juga karena kampas rem yang kotor akibat terkena air hujan + debu. Jika menggunakan rem depan secaramendadak, kemungkinan akan tergelincir. Jika rem belakang,kemungkinannya selip (ngepot). Maka dari itu perlu kita men-service  kendaraan kita.
  • Lihat kembangan ban apa sudah mulai tipis?Jika kembangan masih bagus, tak masalah. Namun jika kembangan sudah kurang bagus, ini akan menjadi licin saat melakukan pengereman. Sebaiknya ganti denganban baru dan berkualitas.
  • Periksa dulu rem depan dan belakang, setelah itu pastikan semuanya aman dan nyaman. Beri jarak antara kendaraan di depankamu lebih jauh dari biasanya. Hal ini dimaksudkan agar pengereman bisa lebihsmooth (kalau mendadak bisa tergelincir) dan bisa mengatasi kurang pakemnya rem akibat air hujan di aspal.
  • Waspadai setiap jalan yang berlubang. Sebaiknya pelan-pelan saja saat melewati jalan yang tak dikenal, jalan dengankondisi jalan tanah biasa/berbatu. Jika kamu sudah hapal tentang kondisi jalan,mungkin akan lebih baik, tapi tetap harus lebih waspada terhadap genangan air. Air yang menggenang kemungkinan adalah lubang yang tertutup oleh air.
  • Jangan memakai jas hujan model lama alias model batman. Gunakan jas hujan model pakaian yang lebih aman dan nyaman. Gunakan jas hujan setelan baju dan celana. Lebih baik sedikit repot daripada nyawa jadi taruhan kan?
  • Jarak pandang saat hujan menjadi lebih pendek,apalagi saat hujan angin deras dan di malam hari. Karena itu beri jarak kapan akan melakukan pengereman, berbelok, dan jarak antar kendaraan. Sebaiknyajangan menyalip saat hujan turun.
  • Cuaca yang dingin biasanya bikin ngantuk,apalagi jika perut kenyang. Berhentilah sejenak dan fokuskan kembali diri sebelum kembali mengemudi.
  • Saat hujan turun tiba-tiba, selamatkan handphone, dompet, laptop, tablet pc dan barang berharga lainnya darikemungkinan terkena air. Sedia kantong plastik, dan masukkan barang-barang didalamnya. Ini untuk mencegah jas hujan bocor dan merusak barang kesayangankita.

 

Intinya sederhana, berikan jarak antara kendaraan di depan kamu, stay fokus, jangan mengerem mendadak, jangan menikung terlalu tajam dan periksa kondisi kendaraan. Demikian tips mengendarai motor saat hujan, semoga bermanfaat.

 

 

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie