Tips Menghemat Baterai Android

Baterai Android

Baterai Android

Tips Menghemat Baterai Android

Salah satu kelemahan smartphone Android adalah banyaknya tenaga baterai yang dibutuhkan. Sebenarnya ini tidak berarti bahwa pada dasarnya baterai smartphone itu jelek, namun borosnya baterai lebih disebabkan oleh user itu sendiri. Penggunaan daya baterai yang terlalu berlebihan dan minimnya pengetahuan user tentang merawat si hijau mungil mereka membuat daya ponsel terasa cepat sekali habis. Untuk itu ada beberapa tips menghemat baterai Android.

Redupkan Layar

Set brightness layar anda menjadi yang paling minim. Layar yang cerah membutuhkan daya baterai lebih banyak. Jangan khawatir karena ponsel Android masa kini walaupun dengan layar di set yang paling redup sekalipun masih dapat terbaca dengan jelas. Namun ini tidak berlaku jika anda berada di terik matahari, karena pantulan sinar matahari membuat silau sehingga layar hampir tidak dapat terbaca.

Matikan Wifi Jika Tidak Digunakan

Wifi juga merupakan salah satu aplikasi yang membutuhkan daya besar. Jika memang anda tidak sedang menggunakannya, maka lebih baik anda menonaktifkan wifi. Wifi yang tetap hidup akan tetap mencari sinyal sehingga membuat baterai boros.

Nonaktifkan GPS

Ponsel Android masa kini sudah dilengkapi dengan GPS berkat dukungan google map. Karena sifatnya yang selalu up to date, maka aplikasi ini juga membutuhkan konsumsi baterai yang tidak sedikit. Matikan GPS jika anda tidak memerlukannya.

Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Kadangkala salah satu penyebab cepat habisnya baterai ponsel kita adalah banyaknya background application (aplikasi yang berjalan di latar belakang) yang masih berjalan. Background application ini biasanya selalu melakukan update, bahkan tanpa kita sadari. Oleh karena itu dengan menghapus beberapa aplikasi, selain membuat ponsel kita semakin lega juga bisa menghemat daya tahan baterai.

Matikan Koneksi Internet ( Mobile Network )

Apabila anda sedang tidak membutuhkan koneksi internet, maka sebaiknya anda mematikan koneksi internet anda. Ini bertujuan agar baterai si hijau tidak boros. Kadangkala walaupun anda tidak sedang melakukan surfing di internet, beberapa aplikasi tetap melakukan koneksi untuk melakukan update, sinkornisasi, dan sebagainya. Untuk itu disarankan setiap anda selesai menjelajah dunia maya, matikan paket data anda.

Menggunakan Aplikasi Baterai Manager

Aplikasi ini banyak sekali terdapat di Google Play Store. Anda hanya perlu mengunduhnya di ponsel anda. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Biasanya aplikasi seperti ini bertujuan untuk mengatur penggunaan baterai ponsel anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa anda pakai sebagai salah satu alternatif penghemat baterai.

Sesuaikan Background Ponsel Anda

Background / latar belakang berwarna gelap akan membuat baterai lebih tahan lama. Warna hitam / gelap membutuhkan lebih sedikit daya untuk dikonsumsi dibandingkan dengan warna – warna cerah. Walaupun terlihat sederhana, namun ini adalah salah satu cara untuk menghemat baterai ponsel kesayangan anda.

Mematikan Fitur Automatic Update

Sebenarnya fitur ini berguna untuk memantau aplikasi anda. Jika ada versi yang terbaru, maka secara otomatis ponsel anda akan mengunduhnya dan melakukan update. Namun sisi minus dari fitur ini adalah penggunaan daya yang besar. Untuk itu anda bisa mematikan fitur ini dan melakukan update secara manual.

Itulah beberapa tips untuk menghemat baterai si hijau (Android) mungil milik anda. Selain cara-cara di atas anda juga bisa menggunakan Power Bank jika anda adalah seorang traveler. Bisa dikatakan Power Bank adalah portable charger, namun sebenarnya alat ini berprinsip sama seperti baterai namun memilik daya tampung yang lebih banyak. Demikian, semoga bermanfaat untuk anda.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie