Tips Merawat Anjing

Anjing Lucu

Anjing Lucu

Tips Merawat Anjing

Hewan Mamalia yang satu ini dikenal sebagai hewan yang setia dan mudah dilatih. Anjing merupakan keturunan serigala. Seperti yang kita ketahui Serigala hidup berkelompok dan tidak hidup menyendiri. Sifat sosialis anjing inilah yang membuat anjing mudah dijinakkan dan dilatih oleh manusia karena anjing menganngap kita sebagai bagian dari kelompoknya. Agar anjing dapat hidup nyaman dengan kita tentu saja anjing kita harus merawat anjing dengan baik. Dibawah ini saya akan menjabarkan Tips Merawat Anjing Dengan Baik.

1. Mandikan Anjing Secara Berkala

Tips merawat anjing yang pertama adalah memandikan anjing Anda secara berkala. Sama halnya dengan manusia, anjing perlu dimandikan untuk membersihkan kotoran yang ada pada rambutnya ( RAMBUT bukan BULU ). Selain itu jika anjing Anda bau tentu saja Anda akan malas bermain dengannya dan membuat perhatian Anda kepadanya menjadi kurang.

2. Perhatikan Makanannya

Sebagai seekor Makhkluk hidup, tentu saja anjing membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya. Sebaiknya berikan anjing Anda Dog Food karena selain nutrisi yang lebih terkontrol dan pemberian makanan yang lebih mudah juga untuk menghindarkan anjing dari obesitas. Sama halnya dengan manusia ,anjing yang obesitas juga memiliki peluang untuk terkena penyakit jantung. Selain itu anjing juga tidak boleh memakan beberapa jenis makanan tertentu diantaranya:

  1. Cokelat = anjing Anda bisa saja terkena stroke
  2. Bawang = merusak sel darah merah dan hati (jika mentah)
  3. Anggur = merusak ginjal
  4. Alpukat = gagal ginjal
  5. tomat = gagal ginjal
  6. terong = dll
  7. makanan mentah dan makanan busuk = alasan yang sama dengan ‘mengapa anda tidak mau makan makanan busuk dan mentah!’
  8. dll silahkan konsultasikan ke dokter hewan untuk lebih detailnya

Banyak ya? jadikanlah merawat anjing itu sebuah tantangan.

3. Periksa Kesehatan

Kesehatan anjing juga perlu diperhatikan. Hendaknya Anda membawa binatang peliharaan Anda itu ke dokter hewan secara rutin. Di sana Anjing akan dirawat dengan diberi vaksinasi dll.

4. Berikan Mainan

Jika Anda sedang berpergian ataupun sedang sibuk sehingga tidak bisa bermain dengan anjing Anda lebih baik Anda memberikannya sebuah mainan agar anjing tidak bosan. Kalau diibaratkan dengan manusia ini seperti terkurung di kamar mandi dan tidak bisa melakukan apa-apa, Pasti stress kan? Demikian juga dengan anjing.

5. Ajak Jalan-Jalan

Selain mengajak anjing jalan-jalan saya juga menyarankan Anda untuk tidak mengikat anjing atau mengurungnya terlalu lama karena jika Anda terus-terusan mengurungnya dan pada suatu saat ketika pintu terbuka dia akan menjadi agresif dan tidak patuh lagi kepada tuannya dan juga akan berusaha kabur.

6. Berikan Kasih Sayang

Tips Merawat Anjing yang terakhir adalah memberikan kasih sayang kepada anjing. Walaupun tidak bisa berpikir seperti manusia, anjing mempunyai naluri. Anjing juga membutuhkan kasih sayang dari majikannya.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie