Tips Mudik dengan Naik Motor

Mudik

Mudik

Tips Mudik dengan Naik Motor

Pada umumnya masyarakat Indonesia menjelang Lebaran atau Idul Fitri, rutin pulang ke kampung halaman alias mudik. Mereka tak peduli betapa pun kesulitan yang dihadapinya untuk mudik lebaran. Seperti : berdesak-desakkan di kareta, berjubel di bis, dan kemacetan panjang di perjalanan. Begitu juga kalau memakai sepeda motor dengan resiko kepanasan dan kehujanan. Semua itu dilakukan dalam rangka merayakan hari Lebaran di kampung halaman, sekaligus untuk ajang silaturahmi bersama sanak-keluarga.

Mudik sudah menjadi  tradisi dikala lebaran. Jutaan masyarakat Indonesia yang merantau berbondong-bondong pulang kampung.  Mudik atau pulang kampung adalah hal yang dinantikan dan sekaligus merupakan salah satu kebahagiaan tersendiri, karena mereka senantiasa rindu untuk pulang ke asal muasal  yaitu kampung halaman serta kangen akan kasih sayang dan belaian kasih kedua orang tua tercinta. Berikut ada beberapa tips penting yang harus diperhatikan agar Anda tidak mengalami masalah sewaktu di perjalanan.

1. Persiapkan mental dan fisik; berdoa sebelum berangkat, selalu berpikir positif, tenang, jangan ugal-ugalan, tidur yang cukup (minimal 6 jam), bawa makanan kecil dan minuman mineral, obat-obatan, beristirahat setiap beberapa jam.

2. Perlengkapan dan pakaian; helm SNI, jacket yang mudah terlihat pengendara lain, sarung tangan, celana panjang, sepatu, jas hujan, rompi, baju tipis di siang hari dan baju tebal di malam hari.

3. Cek kondisi sepeda motor; kaki-kaki (tekanan udara disesuaikan dengan beban, velg, suspensi, kembangan ban), kemudi (pastikan kemudi dalam keadaan bebas), lampu/kelistrikan dan klakson (pastikan mereka berfungsi sebagaimana mestinya), oli mesin dan oli rem (tambahkan oli sesuai spesifikasi jika kurang. Lihat pula selang-selang pendukungnya).

4. Jika berboncengan; sebisa mungkin sepeda motor hanya ditunggangi dua orang sesuai peraturan pemerintah dan keselamatan, orang yang diboncengi harus memakai perlengkapan dan pakaian seperti pengendara, tidak membawa barang-barang berlebihan, informasikan ke pembonceng agar duduk dengan posisi yang baik.

Selamat mudik ke kampung halaman tercinta , Semoga selamat sampai tujuan !!! “

cara bersihin injeksi sendiri honda cb150r warna hitam

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Cara Merawat. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie